BKTM Ds.Bangunjaya Sambang Warga Binaan An.Umar Sampaikan Himbauan Kamtibmas

Polres Tulungagung- Jumat 10 Januari 2020

_Polres Tulungagung_. Bhabinkamtibmas Aipda Tri Yunianto dari Polsek Pakel Polres Tulungagung Sambang Warganya, dalam dialogis Bhabinkamtibmas menyampaikan himbauan dalam ciptkon harkamtibmas wilayah Ds. binaan bahwa para Tokoh dan warga supaya menindaklanjuti hasil dialogis ini ke warganya saat ini tetap mewaspadai dan jaga kamtibmas dengan menghindari segala bentuk isu hoaxs yang mengarah pada hasutan dan adudomba/provokasi memecah belah NKRI serta tidak lupa menyampaikan saat ini memasuki musim penghujan rawan bencana alam, tanah longsor, angin puting beliung, pohon tumbang, banjir bandang dan aliran listrik pada air tergenang serta kerawanan lainnya.

Hal ini merupakan tugas dan kewajiban Bhabinkamtibmas dalam kegiatan sambang pada warga binaan sesuai
dengan Pasal 1 angka 4 Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pemolisian Masyarakat bahwa yang dimaksud dengan Bhabinkamtibmas adalah pengemban Polisi Masyarakat.

Tugas Pokok Bhabinkamtibmas (Pasal 27 Perkap No 3 Tahun 2015)
Tugas pokok Bhabinkamtibmas adalah melakukan pembinaan masyarakat , deteksi dini dan mediasi/negosiasi agar tercipta kondisi yang kondusif di desa / kelurahan.

Dalam melaksanakan tugas pokoknya tersebut, Bhabinkamtibmas melakukan kegiatan sebagai berikut :
Kunjungan dari rumah ke rumah pada seluruh wilayah penugasannya
Melakukan dan membantu pemecahan masalah
Melakukan pengaturan dan pengamanan kegiatan masyarakat
Menerima informasi tentang terjadinya tindak pidana
Memberikan perlindungan sementara kepada orang yang tersesat, korban kejahatan dan pelanggaran
Ikut serta dalam memberikan bantuan kepada korban bencana alam dan wabah penyakit
Memberikan bimbingan dan petunjuk kepada masyarakat atau komunitas berkaitan dengan permasalahan Kamtibmas dan Pelayanan Polri.

Dari uraian diatas kegiatan Sambang Bhabinkamtibmas ini selain sebagai tugas rutin namun juga untuk mengenalkan Program Bapak Kapolres yang baru AKBP Eva Guna Pandia, S.I.K. M.H., M.M supaya Tulungagung tetap terjaga keamanan dan kedamaian yaitu Tulungagung "ASTUTI" Agunge Sikap Tulung Tinulung, yang merupakan sesuai dengan sejarah nama Kota Tulungagung dengan masyarakatnya yang berkarakter saling Tolong menolong, bahu membahu Saling Asah, Asih dan Asuh.

#Jogotulungagung #ASTUTI (agunge sikap tulung tinulung.)

Polres Tulungagung Cyber News

Close
Menu