3 ANGGOTA HUMAS POLRES TULUNGAGUNG IKUTI RAKERNIS DI POLDA JAWA TIMUR.

 

 

Rapat Kerja Teknis (Rakernis) bidang Humas Polda Jawa Timur dihelat pada Selasa (20/10) kemarim di Hotel Suites Jalan Ahmad Yani Surabaya.

Hadir dalam Rakernis tersebut, Kabid Humas Polda Jawa Timur, Para Kasubbid Bidhumas Polda Jatim, Para Kasubbag Humas Jajaran Polda Jatim, dan Para Operator Humas Jajaran Polda Jatim.

Dalam Rakernis yang mengambil tema “ Strategi Manajemen Kehumasan Polda Jatim Dalam Rangka Pilkada Serentak yang aman dan Damai Sejuk dan Sehat tahun 2020” ini Polres Tulungagung menugaskan 3 anggotanya untuk mengikuti Rakernis tersebut, ketiganya adalah Paur Humas Polres Tulungagung,Iptu Neny Sasongko, kemudian operator Humas, Bripda Dimas Putra dan Brigadir Dicky Zulkarnaen.

Dihadapan tamu undangan, Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andika yang membacakan sambutan Kapolda Jatim, Irjen Pol Fadil Imran menyampaikan sejumlah pesan. Seperti peningkatan peran humas dalam pengelolaan berbagai pemberitaan terkait Polisi di media dengan beberapa strategi.

Seperti mengekspos keberhasilan Polisi, mengekspos kegiatan Simpatik dan menyentuh rasa kemanusiaan. “Counter opini terhadap pemberitaan negatif tentang polri; serta membangun jaringan media sosial untuk membentuk opini positif publik.” Ujarnya.

Pihaknya juga berpesan agar meningkatkan komunikasi dan hubungan kemitraan dan kerjasama saling menguntungkan dengan semua lapisan masyarakat, terutama dengan rekan media dan netizen.

“Tingkatkan kemampuan menghimpun dan mengolah serta mendistribusikan informasi secara merata, menyeluruh, cepat, tepat dan akurat, mudah serta biaya murah, melalui sistem terbuka untuk membangun komunikasi dua arah dengan masyarakat” ungkapnya.

Trunoyudo juga berpesan agar humas memberikan respon yang baik pada setiap permohonan informasi dari pemohon atau masyarakat, kecuali untuk informasi yang bersifat rahasia.

“Tingkatkan kemampuan dan profesionalisme pengemban fungsi kehumasan dengan berbagai pengetahuan dan ketrampilan, seperti public speaking, dokumentasi, pelatihan menulis, jurnalistik informasi serta pengetahuan hukum yang menyangkut pers” terangnya.

Selain itu dalam sambutannya, Kapolda juga mengingatkan bahwa humas bukan sekedar sebagai juru bicara tetapi juga harus menjadi king maker pengelola informasi sehingga oeprator humas Polri mampu mengelola segala informasi yang berkaitan dengan capaian prestasi maupun segala bentuk pelaksanaan tugas guna menaikkan citra positif Polisi.

“Dengan demikian, untuk mencapai tujuan tersebut maka diperlukan anggota-anggota atau sumber daya manusia dengan kualitas yang baik.” Pungkasnya.

Sementara itu, Paur Humas Polres Tulungagung, Iptu Neny Sasongko mengungkapkan, dengan bekal yang telah diberikan oleh pimpinan, pihaknya akan memaksimalkan pelaksanaanya di lapangan, sesuai dengan perintah pimpinan.

“Tentu Rakernis seperti ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan anggota yang ditugaskan di dalam kehumasan,” Ucapnya.

Close
Menu